Skyscraper
Skyscraper

Jelang HUT Damkar Indonesia

Sekelumit Aksi Petugas Pemadam, Jinakkan Api hingga Lepas Cincin

  • Selasa, 16 Maret 2021 | 19:30 WIB
foto

Aksi Petugas Diskar PB Kota Bandung dari pemadaman kebakaran, evakuasi hewan, hingga lepas cincin./cbn.com/istimewa

Catatan Inay Yuniar

MOBIL besar warna merah meluncur cepat membelah jalan di Kota Bandung. Kendaraan yang memiliki desain khusus ini melaju menembus padatnya jalanan kota.

Sesekali suara sirene dibunyikan dan lampu hazard dinyalakan memberi tanda agar diberi ruang dan jalan.

Namun, kali ini kendaraan yang ternyata mobil pemadam kebakaran atau fire truck itu, berjalan tidak terlalu tergesa-gesa mengarah ke Jalan Begawan Sempani di kawasan Pamoyanan, Cicendo.

Tak berapa lama, mobil yang dilengkapi dengan tangga itu merapat ke sebuah pohon. Beberapa petugas berseragam biru naik ke atap mobil, dan selanjutnya menjulurkan tangga ke atas pohon setinggi kurang lebih 10 meter.

Setelah melakukan pemantauan, seorang petugas mengenakan baju khusus dengan sigap memanjat pohon lewat tangga. Hanya dalam hitungan menit, petugas tadi turun sambil menggendong seekor kucing.

Usut punya usut itu ternyata adalah aksi petugas Dinas Kebakaran (Diskar) dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung dalam upaya penyelematan hewan atau animal rescue.

Salah seorang warga setempat, Ny. Bonny melapor dan meminta bantuan Emergency Call Diskar PB Kota Bandung untuk menurunkan seekor kucing domestik dari atas pohon.

Memang benar, sesuai perkembangan petugas pemadam kebakaran selain terlatih menyelamatkan korban dari kebakaran atau melakukan pemadaman, juga dilatih untuk tugas-tugas penyelamatan yang tidak menyangkut adanya kebakaran. Di antaranya pengevakuasian sarang tawon, menyelamatkan korban bunuh diri, menyelamatkan orang atau hewan yang terjebak, menanggulangi pohon tumbang, dan lainnya.

Lepas Cincin

Kepala Bidang Kesiapsiagaan Operasi Pemadam dan Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung, H Mas Yusuf Hidayat S Sos, membenarkan bahwa petugas sangat siap menjalankan tugas lain seperti animal rescue atau bahkan membantu warga melepas cincin yang sulit dilepas.

Tim animal rescue Diskar PB Kota Bandung, menurut Yusuf HIdayat, bisa membantu proses evakuasi beberapa jenis hewan seperti ular, membantu menyelamatkan kucing, hingga penanganan sarang tawon dan lainnya.

"Tak hanya animal rescue, cincin susah keluar itu banyak (terjadi)," kata Yusuf Hidayat, beberapa waktu lalu.

Seperti beberapa waktu lalu, seorang perempuan Pina Widiana (19) didampingi ibunya  Siska mendatangi Mako Diskar PB Kota Bandung. Pina sulit melepas cincin, karena sudah terlihat kekecilan. Usai menerima laporan petugas dengan hati-hati memotong cincin menggunakan Mini Grinder Tools. Cincin kemudian ditarik dari kedua sisi dan dilepaskan dengan hati-hati.

Data Kejadian

Berdasarkan data yang didapat dari Diskar PB Kota Bandung soal laporan penyelamatan dan evaluasi sepanjang 1 Januari hingga 25 Februari lalu, ada 9 kali penanganan kucing, 73 kali pembasmian sarang tawon, dan 23 kali penanganan ular masuk rumah.

Kemudian data penyelamatan manusia atau Human Rescue di antaranya penanganan cincin/engsel susah lepas di jari sebanyak 8 kali, pencarian dan penyelamatan orang tenggelam 1 kali.

Sementara itu, peristiwa kebakaran di Kota Bandung dalam periode itu terjadi sebanyak 28 kejadian. Jumlah kerugian materil akibat kebakaran sekitar Rp 12 Miliar lebih. **

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Para Sopir Angkot dan Ojol Dibagi Sarapan Nasgor Gratis
Penerapan Prokes Pedagang Takjil
Produksi Alquran Braile di Bandung
Tarling Kang DS di Cicalengka
Vaksinasi Covid-19 Tetap Dilakukan