Skyscraper
Skyscraper

Warga Diminta Berhati-hati

Tiga Kebakaran Terjadi di Bandung Awal Ramadan

foto

Tiga kebakaran dalam waktu berbeda terjadi di Kota Bandung. Foto memperlihatkan upaya petugas dipimpin Kepala Diskar PB Kota Bandung Dadang Iriana berjuang memadamkan api di Cafe & Resto Chinook dan di Jalan Ibrahim Adjie./citrabandung.news.com/inay yuniar/via diskar pb kota bandung

CBN.com.- Dinas Kebakaran berharap masyarakat berhati-hati dan mewaspadai potensi kebakaran pada bulan suci Ramadan.

Menurut Totoy Yuhasmana, Danru Rescue Diskar dan PB Kota Bandung, berdasarkan pengalaman sebelumnya kejadian kebakaran di bulan Puasa lebih sering terjadi, dan itu kebanyakan akibat faktor kelalaian manusia.

"Seiring dengan banyaknya aktivitas, terutama pada malam hingga dini hari, masyarakat sering lalai sehingga memicu kebakaran," kata Totoy kepada CBN.com, baru-baru ini.

Diskar PB Kota Bandung memahami jika pada bulan puasa ini, ibu rumah tangga, berkegiatan di dapur lebih sibuk dan tak jarang dilakukan pada waktu yang tak biasa.

"Untuk persiapan sahur, misalnya. Mereka memasak sejak malam hingga subuh," kata Totoy. "Kondisi ini kadang-kadang sering mereka lupa memperhatikan peralatan dapurnya, lupa mematikan kompor gas," imbuhnya.

Totoy juga mengingatkan, karena aktivitas pada bulan suci ini makin meningkat, masyarakat diminta memperhatikan lagi komponennya, seperti selang regulator atau kondisi penutup tabung.

"Jika perlu peralatannya diganti jika sudah mengalami kerusakan," ujar Totoy.

Rumah Permanen Terbakar

Sementara itu, meski sejauh ini penyebab pastinya masih dalam penyelidikan pihak berwenang, Diskar dan PB Kota Bandung sudah menerima tiga laporan kebakaran di awal Ramadan. Teranyar, sebuah rumah permanen di kawasan padat penduduk di Jalan Ibrahim Adjie No 57, RT 02 RW 10, Kelurahan Babakan Surabaya, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung hangus terbakar, Selasa (20/4/2021) dini hari WIB .

Menurut laporan Intan, sebelum kejadian dirinya mendengar ada yang berteriak dari luar rumah serta mencium bau asap. Dia semakin kaget setelah melihat api di rumah Yana Suryana sudah sangat besar.

Intan langsung berlari keluar sambil menggendong anaknya untuk menyelamatkan diri. Warga sekitar yang mengetahui kejadian tersebut langsung bergegas melapor ke Kantor Dinas Kebakaran dan PB Kota Bandung.

Informasi yang diperoleh CBN.com menyebutkan, kobaran api menghanguskan rumah sekaligus tempat servis elektronik dan barang-barang yang tengah diperbaiki, serta 2 unit kendaraan roda dua. Kerugian ditaksir mencapai Rp 300.000.000,-

Kejadian Lain

Sehari sebelumnya, Cafe & Resto Chinook di area Hotel Riau di Jl. R.E Martadinata No.191, Kelurahan Cihapit, Kecamatan Bandung Wetan, Senin,19 April 2021 lalu, juga terbakar.

Menurut Kurnia Milar, pegawai hotel, dia mencium bau disusul kepulan asap tebal yang sudah masuk ke dalam kamar dan area hotel. Setelah dicek api sudah membesar dan beberapa saksi yang juga melihat kobaran api melaporkan kejadian ke Emergency Call 022-113.

Kebakaran juga terjadi Kamis, 15 April 2021 lalu,di Jalan Binongjati, RT 04 RW 02 (dekat Pasar Saeran), Kelurahan Binong, Kecamatan Batununggal, Bandung. Percikan api berasal dari kabel roll di lantai 2 dan merambat ke bagian kamar. Kejadian ini kemudian dilaporkan ke petugas pemadam untuk dilakukan pengecekan. (nay) **

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Getarannya Dirasakan di Sejumlah Daerah
Produk Pangan Bekas Kebanjiran Diperjualbelikan
Tragedi Sulut Petasan, 1 Meninggal 3 Luka-luka