Menuju Tanah Suci

Calon Jemaah Haji Diminta Jaga Kesehatan, Meski Tertunda

foto

Ilustrasi,/via ihram.co.id/ist.

CitraBandungNews.com.- Calon jemaah haji diminta optimistis untuk menyiapkan kesehatannya sebelum keberangkatan.  Sudah dua tahun calon jemaah haji batal berangkat karena masih pandemi Covid-19. 

Permintaan itu disampaikan Kasub Koordinator Substansi Penyuluhan dan Pembimbingan Pusat Kesehatan Haji,  Imran Handani, saat menjadi pemateri dalam agenda sosialisasi Haji Sehat dan vaksinasi Covid-19 kepada jemaah haji di Kota Makassar, Selasa (14/9/2021). 

“Oleh karena itu jemaah haji harus menyiapkan kesehatannya sedini mungkin,” kata Imran, melansir Republika.co.id dari situs Puskeshaji, Jumat (17/9). 

Imran menyampaikan bahwa berhaji adalah ibadah fisik. Pada semua rangkaian proses ibadah haji tawaf dan sai sangat dibutuhkan keadaan fisik yang prima.  

Untuk itu sangat penting para calon jemaah haji menyiapkan kesehatannya jauh sebelum keberangkatannya. Salah satunya memeriksakan kesehatanya di daerah masing-masing.

“Walaupun ibadah haji dan umrah sampai saat ini mengalami penundaan,” katanya. 

Imran memastikan Allah SWT sudah mencatat sebagai pahala ibadah haji bagi setiap jemaah haji yang gagal berangkat sampai dua kali ini. 

Seperti diketahui pemerintah membatalkan penyelenggaraan ibadah haji pada 2020 dan pada 2021 karena Arab Saudi masih belum bisa menyelenggaran haji internasional karena pandemi.

“Niat kita semua yang akan berangkat ibadah sudah dicatat Allah SWT,” katanya. (fen) **   

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Jadwal Salat (Bandung) dan Renungan Pagi
Apa Hakikat dan Tujuan Ibadah Haji?
Arab Saudi Resmi Buka Pintu Umrah untuk Indonesia
Saudi Izinkan Kapasitas Penuh di Masjidil Haram dan Nabawi
Masjid Nabawi Tingkatkan Layanan Penerjemah