HIKMAH

Ibadah yang Dijamin Diterima Allah dan Keutamaan Membaca Selawat atas Nabi

foto

Ilustrasi/via Suara.com/Ist

.CitraBandungNews.com.- Ibadah adalah cara untuk mendekatkan diri kepada Allah. Selain itu, ibadah juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah atas segala nikmat yang diberikan-Nya. Nah, berikut ini ibadah yang dijamin diterima Allah SWT.

Perlu diketahui, tidak semua ibadah yang kita lakukan diterima Allah SWT. Bagaimana bisa demikian? Sebab, dalam melakukan ibadah harus sesuai dengan syarat-syarat yang diajarkan, seperti khusyuk, berakhlak baik, suci dari hadas, dan lainnya.

Jika beribadah tidak dilakukan dengan khusyuk dan tidak diiringi akhlak yang baik, maka ibadah yang dilakukan setiap hari pun tidak mendapat pahala atau tidak diterima Allah SWT.

Oleh karena itu, kita harus istikamah dalam melakukan ibadah. Jangan menyerah dalam beribadah untuk alasan apa pun. Sebab walau bagaimanapun, tujuan manusia diciptakan yaitu untuk beribadah kepada Allah SWT.

Ibadah yang Dijamin Diterima Allah SWT

Menurut para ulama, ada satu ibadah yang dijamin diterima Allah SWT. Ibadah ini disebut juga sebagai ibadah ghairu mahdhah, yakni ibadah membaca selawat kepada Rasulullah saw. Membaca selawat adalah bentuk penghormatan kepada Rasulullah saw.

Dalam Kifayatul Atqiya wa Minhajul Ashfiya, (hal.48), Sayyid Bakri bin Sayyid Muhammad Syatha Ad-Dimyathi menyampaikan seperti berikut ini:

“Semua amal ibadah berpotensi diterima dan ditolak Allah kecuali selawat Nabi saw. karena ibadah selawat dipastikan penerimaannya sebagai bentuk penghormatan terhadap Nabi Muhammad saw. Ijma’ ulama menghikayatkan masalah ini,”

Maka dari itu, sebagai muslim, jangan pernah ragu mengamalkan selawat setiap waktu kepada Rasulullah saw. Selain bentuk ibadah yang diterima Allah SWT, membaca selawat juga memiliki keutamaan mendapat ampunan dari Allah SWT.

Rasulullah saw. bersabda dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yang bunyinya sebagai berikut:

“Siapa saja yang berselawat kepadaku sekali, niscaya Allah berselawat kepadanya sepuluh kali,”

Membaca selawat memiliki pahala yang besar bagi yang mengamalkannya. Bahkan, amalan membaca selawat ini langsung diperintahkan oleh Allah SWT yang terkandung dalam Al Quran, surat Al-Ahzab ayat 56 yang artinya sebagai berikut:

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikatNya berselawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (fen/sumber: suara.com) **

Bagikan melalui
Berita Lainnya
Mualaf Usai Jatuh Cinta Lihat Hijab dan Islam Mampu Menjawab Pertanyaan yang Mengganjal Hati
Masjid Lumpur Umayyah Berumur 1.300 Tahun Ditemukan di Irak
Jadwal Salat (Bandung) dan Renungan Pagi
Mualaf Cantik Amerika Berjuang Keras demi Bisa Memakai Hijab
Jadwal Salat (Bandung) dan Renungan Pagi